10 Cara Mengeringkan Baju Saat Musim Hujan

Cara Mengeringkan Baju Saat Musim Hujan

Musim penghujan telah tiba, namun pakaian di rumah tidak cepat kering ? Nah, kini saatnya mencari cara bagaimana agar pakaian cepat kering. Cara mengeringkan baju saat musim hujan perlu diketahui agar baju yang dicuci bisa disimpan kembali dan tidak lepek.

Tips Mengeringkan Baju Saat Musim Hujan

Pakaian yang masih dalam keadaan basah atau lembab seringkali akan menimbulkan bau tak sedap, sehingga membuat baju menjadi cepat rusak bahkan dapat menjadi sarangnya serangga sehingga menimbulkan bibit penyakit.

Oleh  karena itu, demi menghindari penumpukan pakaian karena pakaian yang dijemur tak kunjung kering karena musim hujan, ada baiknya ikuti beberapa cara mengeringkan baju saat musim hujan berikut ini.

1. Memanfaatkan Hair Dryer

Cara pertama agar pakaian yang dicuci cepat kering meskipun tanpa bantuan sinar matahari karena musim penghujan tiba yaitu dengan memanfaatkan hair dryer. Alat pengering rambut satu ini bisa digunakan sebagai alternatif pengering pakaian loh ! Tidak percaya ?

Bagaimana caranya ? Yakni cukup dengan membentangkan pakaian menggunakan gantungan baju lalu angin-anginkan beberapa menit. Setelah itu barulah gunakan hair dryer untuk mengeringkan pakaian yang masih lembab, kurang lebih 30 menit hingga baju benar-benar kering.

Baca juga : Cara Mengeringkan Baju dalam 30 Menit

2. Memanfaatkan Kipas Angin

Kipas angin adalah alat rumah tangga yang ternyata multifungsi. Selain digunakan untuk pendingin udara atau penyegar udara, kipas angin juga bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian yang masih basah.

Pakaian yang masih lembab bisa seketika kering dengan bantuan kipas angin. Hanya dengan meletakkan pakaian di dekat kipas angin, kemudian tunggu sampai kadar air yang ada pada pakaian berkurang. Beberapa menit kemudian baju akan kering dan bisa disimpan kembali.

3. Memanfaatkan Setrika

Pakaian masih basah karena hujan namun buru-buru ingin mengenakannya ? Nah, kini ada cara mengeringkan baju saat musim hujan dengan cepat. Caranya ialah dengan memanfaatkan setrika. Apakah efektif ? Tentu saja.

Gunakan setrika untuk mengeringkan pakaian dalam waktu singkat. Caranya ialah dengan memeras cucian dengan kuat hingga tetesan airnya tidak ada. Lalu setrika pakaian yang masih basah tersebut hingga mengering.

Nah, supaya baju yang disetrika tidak menimbulkan bau tak sedap karena dikeringkan dengan paksa, maka gunakan pengharum pakaian ketika bilasan terakhir atau sesaat sebelum baju disetrika. Namun berhati-hatilah saat menggunakan setrika agar tidak terjadi korsleting.

4. Memanfaatkan Mesin Cuci

Memanfaatkan mesin cuci sebagai alat pengering pakaian yang masih basah  rupanya juga cukup efektif. Selain digunakan untuk mencuci baju, mesin cuci juga bisa difungsikan sebagai alat pengering.

5. Memanfaatkan Handuk

Tak banyak yang tahu cara mengeringkan pakaian dengan memanfaatkan handuk. Caranya yaitu dengan meletakkan pakaian diatas handuk tebal yang bersih. Kemudian gulung handuk tersebut lalu peras secara perlahan hingga kandungan airnya berkurang dan mengering.

Mengeringkan baju dengan cara efektif satu ini biasanya digunakan untuk mengeringkan pakaian berbahan jens. Caranya mudah, cukup usap handuk yang hangat dan kering ke seluruh pakaian dan lakukan berkali-kali lalu gantungkan pakaian dan diamkan beberapa saat.

6. Memanfaatkan Microwave

Perlatan rumah tangga satu ini rupanya bisa dimanfaatkan untuk mengeringkan pakaian yang basah. Mincrowave namanya, gunakan suhu tinggi (130-150 derajat Celcius) selama kurang lebih 5-10 menit sehingga pakaian cepat kering.

Baca juga : Cara Mengeringkan Celana Jeans dengan Cepat

Nah, itulah dia keenam cara mengeringkan baju saat musim hujan. Beberapa cara diatas dianggap cukup efektif sebagai pengganti sinar matahari yang dapat mengeringkan baju saat dijemur. Tidak percaya ? Coba saja buktikan sendiri dan lihat hasilnya.

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *