Cara Mencuci Topi Bahan Katun

Cara Mencuci Topi Bahan Katun

Salah satu aksesoris favorit yang paling sering dipakai banyak orang untuk menunjang penampilannya adalah topi. Punya topi berbahan katun ? Jangan sembarangan mencucinya ya. Untuk mengetahui cara mencuci topi bahan katun simak artikel berikut ini.

Tips dan Cara Mencuci Topi Katun

Di zaman yang semakin modern ini, semakin banyak pula jenis topi yang dipilih untuk menunjang penampilan agar tampil lebih kekinan. Salah satunya adalah jenis topi bahan katun yang menjadi pilihan favorit banyak anak millenial.

Topi yang berbahan katun sebaiknya dirawat dengan benar. Adapun cara mencuci topi bahan katun yang tak diketahui banyak orang ini akan dibahas pada ulasan berikut ini. Yuk coba intip merawat topi katun agar awet dan tahan lama.

Baca juga : Cara Mengeringkan Tas Sekolah dengan Cepat

1. Mencuci Topi Katun dengan Tangan

Mencuci topi katun ada baiknya dengan menggunakan tangan saja. Hindari penggunaan mesin cuci karena bisa meyebabkan perubahan bentuk pada topi, terutama pada bagian sisisnya atau ujungnya. Biasanya akan cepat rusak akibat gesekan di mesin cuci.

Jenis topi yang terbuat dari kain biasanya memiliki model baseball remaja atau topi-topi profesi seperti koki, perawat atau tentara. Nah, topi dari kain katun ini terbilang sangat mudah untuk mencucinya.

Cara mencucinya pun persis dengan mencuci pakaian biasa, tidak perlu ada teknik khusus dalam mencucinya. Namun, jika topi katun yang dicuci dalam jumlah banyak, tak mengapa mencucinya menggunakan mesin cuci.

2. Sediakan Spotter dan Sikat Gigi

Topi bahan katun yang dicuci menggunakan tangan, untuk menghilangkan noda-noda tebal yang menempel harus dilakukan dengan hati-hati. Sebelum mencucinya, terlebih dahulu sediakan spotter dan sikat gigi untuk membasmi noda-noda tersebut.

Hindari menggosok topi terlalu keras dan sangat tidak disarankan menggunakan sikat pakaian untuk membersihkan nodanya. Hal ini karena nantinya akan membuat serat padatopi lebih cepat rusak.

Adapun penggunaan spotting gun atau alat semprot kimia pembersih noda boleh digunakan tapi harus berhati-hati karena bisa menyebabkan konstruksi topi menjadi rusak. Sebaiknya gunakan sikat gigi untuk membersihkan noda yang menempel.

3. Cuci dengan Detergen

Cara mencuci topi bahan katun berikutnya ialah dengan mencucinya menggunakan detergen. Pertama siapkan ember berisi air secukupnya, kemudian tambahkan sedikit detergen cair.

Lakukan handwash (mencuci dengan tangan) secara perlahan, dengan tidak menyikatnya dengan kasar. Biasanya area paling kotor pada topi terdapat pada sisi karet lingkar bagian dalam. Bersihkan daerah tersebut dengan tidak menyikatnya terlalu keras.

Baca juga : Cara Mengeringkan Pakaian Tanpa Sinar Matahari

4. Bilas Topi Katun

Topi katun yang direndam dengan air detergen sangat tidka disarankan untuk di peras-peras. Cukup dengan ditekan secara perlahan saja untuk menghilangkan sisa detergen. Untuk topi katun remaja sebaiknya tidak perlu dikucek dan diperaskarena bisa berubah kusut atau patah.

Untuk topi katun yang warnanya gelap gunakan air biasa untuk mencucinya. Sementara topi katun yang berwana cerah, boleh menggunakan air hangat. Setelah itu diamkan kurang lebih 20 menit, kemudian bilas dengan bersih.

Rendam topi katun dalam air beberapa menit kemudian, lalu angkat dan bilas dengan bersih. Pastikan noda-noda yang menempel sudah hilang karena penggunaan spotter tadi. Terus bilas dan bersihkan topi hingga tidak ada sisa sabun lagi yang menempel pada topi tersebut.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai cara mencuci topi bahan katun yang penting diketahui. Semoga artikel ini menginspirasi dan bermanfaat agar topi bahan katun bisa awet dan tahan lama setelah dicuci dengan cara yang tepat. Selamat mencoba di rumah ya !

Post Comment