15 Cara Menyetrika Agar Wangi Seperti Laundry

15 Cara Menyetrika Agar Wangi Seperti Laundry

Menyetrika adalah tugas sederhana yang cukup gampang untuk lakukan. Namun, untuk hasil setrika setiap orang tentu saja berbeda. Sebab, cara menyetrika agar wangi seperti laundry tak diketahui oleh semua ibu rumah tangga.

Cara Menyetrika Agar Wangi Seperti Laundry

Untuk mendapatkan pakaian rapi dan wangi setelah disetrika ternyata perlu tips sederhana. Ketahui langkah-langkah tepat dalam menyetrika pakaian untuk mendapatkan hasil yang rapi dan wangi. Berikut ini cara menyetrika agar wangi seperti laundry.

Baca juga : Hati – Hati Ini Efek Baju Basah Disetrika

1. Setrika dengan Suhu Rendah

Tips pertama untuk mendapatkan pakaian yang rapi setelah disetrika ialah memulai menyetrika dengan suhu yang rendah. Sebab, langsung menyetrika dengan suhu tinggi dampaknya akan membuat pakaian berkerut, menyusut bahkan terbakar.

Atur suhu sebelum memulai menyetrika agar tidak merusak pakaian dan juga sebagai bentuk penghematan listrik. Jangan lupa pastikan permukaan bawah setrika selalu bersih saat hendak menyetrika.

2. Beri Lapisan Alumunium Foil pada Papan Setrika

Ingin hasil setrika pakaian lebih rapi ? Jangan lupa gunakan lapisan alumunium foil sebagai papan setrikanya. Alumunium foil yang bersifat memantulkan panas ini akan memantulkan panas dari setrika ke sisi belakang pakaian sehingga proses menyetrika lebih mudah dan cepat.

3. Tidak Terlalu Lama Menggosok Pakaian

Cara menyetrika agar wangi seperti laundry yang ketiga ialah dengan tidak menggosoknya terlalu lama. Sebab, terlalu lama menggosok pakaian akan membuat kain seratnya bisa berubah.

4. Menyemprotkan Air atau Uap

Menemprotkan air atau uap rupanya berfungsi untuk membuat lapisan kain lebih halus. Beberapa jenis kain memang butuh kelembapan untuk menjadikannya lebih licin dan rapi. Oleh karena itu, semprotkan air dari spray untuk pakaian lebih mulus dan wangi.

5. Setrika dengan Sistematis atau Searah

Saat menyerika pakaian, sebaiknya jauhkan setrika dari tubuh untuk menghindari pakaian kusut kembali karena ada bagian baju yang tertindih. Untuk baju, setrika bagian badan terlebih dahulu. Sementara untuk kemeja, setrika bagian kerah teruskan bagian badan.

Bagaimana dengan gerakan setrika untuk mendapatkan hasil lebih rapi ? Cukup dengan satu gerakan, baik itu secara horizontal atau vertikal. Hindari menggosok pakaian dengan gerakan zig-zag atau memutar untuk meminimalisir terjadinya melar.

6. Menggunakan Pelembut Pakaian Saat Mencuci

Tips satu ini adalah bagian dari menyetrika pakaian untuk mendapatkan hasil yang rapi dan wangi. Biasakanlah gunakan pelembut pakaian ketika mencuci pakaian untuk membuat baju lebih mudah disetrika. Hasilnya pun lebih wangi, segar dan tahan lama.

7. Menggunakan Pelicin Pakaian

Menggunakan pelicin pakaian adalah cara terbaik untuk hasil pakaian lebih rapi, tahan lama dan wangi. Menambahkan pelicin pakaian ke dalam tank air setrika uap atau menggunakan botol semprot bisa jadikan sebagai tips agar pakaian hasil setrika lebih maksimal.

Baca juga : Cara Mencuci Topi Bahan Katun

8. Melipat Baju

Nah, setelah proses menyetrika selesai, kini saatnya membiarkan pakaian di gantungan agar dingin sejenak. Setelah itu, barulah proses melipat baju dimulai. Lipat baju dengan rapi dan simetris. Lipatan baju perlu diperhatikan agar kerapihan pakaian tetap terjaga setelah disetrika.

Melipat baju memang hal yang sangat mudah dilakukan. Namun, menyempurnakan hasil lipatan baju tidak semua orang memperhatikannya, Semprotkan parfum spray agar pakaian terbebas dari kuman dan aroma wangi pakaian terasa lebih segar.

Itulah dia beberapa cara menyetrika agar wangi seperti laundry. Semoga artikel ini dapat menginspirasi sehingga hasil setrika pakaian di rumah benar-benar terlihat rapi dan aromanya wangi tahan lama ya!

Post Comment