Cara Menyetrika Kerudung Pashmina Plisket Agar Selalu Awet

Kerudung pashmina plisket kini menjadi tren fashion favorit muslimah di tahun 2021. Jenis kerudung pashimna ini anggap paling praktis dan tidak mudah kusut. Dan rupanya ada trik tersendiri merawat hijab plisket supaya lebih awet. Sudah tahu belum bagaimana cara menyetrika kerudung pashmina plisket agar selalu awet ?

Hijab pashmina plisket semakin digemari para hijabers karena model kerudung yang cocok untuk OOTD. Namun, karena jenis pashmina plisket ini terdiri dari lipatan-lipatan kecil, ada cara khusus merawatnya supaya tidak melar dan tidak kusut. Ada banyak sekali perawatan yang perlu anda perhatikan, termasuk bagaimana cara menyetrikanya dengan benar.

A. Apakah Pashmina Plisket Perlu Disetrika ?

Baca juga : 15 Cara Menyetrika Agar Wangi Seperti Laundry

Untuk merawat kerudung pashmina plisket ternyata susah-susah gampang lho. Anda harus memperhatikan dengan benar bagaimana merawatnya, mulai dari cara mencuci, menyetrika dan penyimpanannya.

Hijab pashmina plisket bisa mudah rusak karena salah dalam hal perawatan. Kebanyakan muslimah tidak memperhatikan bagaimana cara menyetrikanya dengan benar, sehingga dapat menyebabkan kerudung menjadi kusut dan mudah rusak.

Bahan plisket termasuk jenis kerudung yang tidak mudah kusut. Oleh sebab itu, banyak orang yang memilih tidak menyetrika pashmina plisket karena beresiko dapat merusak lipatan-lipatan kecil pada hijab.

Lantas apakah kerudung pashmina plisket masih perlu disetrika ? Ya, tentu saja boleh disetrika asalkan dengan cara yang benar. Ada trik khusus cara menyetrika kerudung pashmina plisket agar selalu awet yang perlu diperhatikan jika tidak ingin merusak lipatan.

B. Cara Menyetrika Kerudung Pashmina Plisket

Jika anda ingin memiliki hijab pashmina plisket yang awet, tidak kusut dan selalu rapi, maka harus ketahui terlebih dahulu bagaimana cara menyetrikanya dengan benar. Sebab, cara menyetrika termasuk dalam hal perawatan menjaga hijab agar tetap awet. Berikut ini langkah-langkah cara menyetrika kerudung pashmina plisket agar selalu awet.

1. Mengenali Jenis Hijab

Jika anda ingin menyetrika hijab, maka hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengenali jenis hijab yang akan disetrika. Mengapa ? Karena setiap jenis bahan akan berbeda pula perlakukan dalam cara menyetrikanya.

Beragam jenis bahan hijab saat ini sehingga anda perlu memperhatikan dengan betul apakah jenis hijab yang hendak setrika mudah kusut atau tidak. Ada beberapa jenis hijab yang bahaannya tipis yang mudah rusak jika salah mengatur suhu setrika. Ada pula yang berbahan sangat tebal dan mampu menahan suhu setrika yang cukup tinggi.

Nah, sementara untuk hijab yang berbahan plisket dengan lipatan-lipatan kecil ini anda perlu hati-hati saat menyetrikanya. Sebab, salah langkah dan salah cara menyetrikanya lipatan-lipatan kecil tersebut bisa rusak bahkan menghilang.

2. Menyetrika dengan Suhu Rendah

Langkah kedua cara menyetrika kerudung pashmina plisket agar selalu awet adalah menyesuaikan suhu setrika dengan bahan hijab. Nah, jika hendak menyetrika hijab yang memiliki lipatan-lipatan kecil maka atur suhu setrikaan dengan suhu yang paling rendah.

Mengatur panas setrikaan hingga suhu terendah akan meminimalisir terjadinya kerusakan pada lipatan-lipatan kecil. Pastikan atur suhu agar tetap stabil dan hindari menyetrika dengan suhu tinggi.

Baca juga : Hati – Hati Ini Efek Baju Basah Disetrika

3. Teknik Menyetrika

Untuk hijab pashmina plisket ada teknik khusus saat menyetrikanya supaya tidak kusut. Mengingat bahan hijab termasuk jenis kain yang tipis, maka lipat hijab menjadi dua bagian terlebih dahulu sebelum mulai menyetrika.

Kemudian mulailah meneytrika dari bagian tengah terlebih dahulu lalu ke ujung sisi kerudung. Pertahankan teknik menyetrika ini dan pastikan untuk tidak menekan berlebih pada area lipatan-lipatan sehingga tidak menyebabkan garis lipat rusak yang sulit hilangkan.  Pastikan setrika semua bagian hijab tanpa terlewatkan dan tidak ada bekas garis.

Setelah semua bagian hijab disetrika dengan rapi selanjutnya lipat hijab tanpa setrika lagi supaya tidak meninggalkan bekas garis pada hijab. Simpanlah pashmina plisket dengan menggantungnya menggunakan hanger hijab di dalam lemari. Itulah dia cara menyetrika kerudung pashmina plisket agar selalu awet dan terlihat rapi seperti hijab baru. Pastikan anda benar-benar merawat pashmina plisket dengan baik dengan mengikuti teknik menyetrika yang sudah jelaskan atas ya! Jika ingin tahu info tentang tips dan cara melipat jilbab segi empat agar tetap tegak silahkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *